Wakapolri Tinjau Langsung Arus Mudik di Pelabuhan Merak

CILEGON, GLOBALPOSNEWS.COM – Wakapolri Komjen Pol Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono laksanakan kunjungan dalam rangka peninjauan arus mudik di pelabuhan Merak pada
Rabu (19/04/2023).

Dalam kegiatan tersebut Wakapolri didampingi Irwasum Polri Komjen Ahmad Dofiri, Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif serta PJU Polda Banten, Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin.

Saat ditemui Wakapolri Komjen Pol Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono mengatakan. “Saya dan rombongan datang untuk melihat dan memastikan kesiapan dari jajaran Polda Banten untuk melakukan kegiatan pengamanan mudik lebaran baik yang berangkat dari Jawa menuju Sumatera maupun sebaliknya,” kata Gatot.

“Saat melihat situasi dari pantauan udara, arus lalu lintas sampai saat ini masih lancar tidak ada kemacetan dan kepadatan lalu lintas sampai pelabuhan Merak, hal tersebut karena kita memfungsikan tiga pelabuhan yaitu Merak, Ciwandan dan BBJ kemudian pelabuhan Indahkiat sebagai alternatif dan jumlah kapal yang mencukupi, sehingga koordinasi yang baik antara TNI-Polri dan unsur terkait bisa menunjukkan bahwa sampai hari ini tidak terjadi kemacetan dan arus mudik berjalan dengan baik, demikian juga dengan gangguan kamtibmas dan Laka lantas tidak ada kejadian yang menonjol,” tambah Gatot.

Sinergi dan kolaborasi menjadi kunci sukses dalam pelaksanaan mudik tahun ini. “Kegiatan ini tentu kedepannya akan terus dilakukan sinergi dan kolaborasi yang baik dengan unsur terkait lainnya,” terang Gatot.

“Menurut penjelasan Kapolda Banten kalau kita membandingkan H-7 tahun lalu dengan H-7 tahun sekarang terdapat kenaikan kendaraan sebanyak 2% tapi dengan melihat hari ini yaitu H-4 dibandingkan H-4 tahun lalu terdapat penurunan sebanyak 6%, hal ini terjadi karena masyarakat telah mendahului keberangkatan pemudik wilayah Sumatra,” ujar Gatot.

Rombongan juga memberikan bingkisan kepada personel yang melaksanakan bingkisan kepada personel yang melaksanakan baik TNI-Polri serta instansi terkait.

Terakhir Gatot berharap bahwa kedepannya hingga hari lebaran tidak terjadi peningkatan kepadatan. “Pada tahun ini masyarakat mudik lebih nyaman dan lebih aman tentunya karena melakukan evaluasi yang dilakukan oleh TNI-Polri serta instansi terkait, Kami berharap semoga besok dan seterusnya tidak terjadi peningkatan kepadatan lalu lintas, dan kita berharap hingga hari raya tetap lancar dan aman,” tutup Gatot

(Bidhumas/Agus.s)

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *