Khawatir Terjadi Bentrokan Massa Pendukung Bacaleg, Ketua KPU Mengambil Langkah Antisipasi

Tangerang, GLOBALPOSNEWS.COM – Ketua KPU Kabupaten Tangerang melakukan sejumlah langkah antisipasi terjadinya bentrokan massa pendukung partai politik (Parpol). Khususnya pada masa pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) mulai 1 hingga 14 Mei 2023.

Potensi bentrokan massa pendukung Parpol saat pendaftaran Bacaleg itu ada. Karena, tidak menutup kemungkinan ketibaan Parpol ke Kantor KPU bersamaan,” ungkap Ali Zainal Abidin, Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Kamis (11/5/2023).

Ali mengaku, ada sejumlah langkah yang ditempuh pihaknya dalam mengantisipasi potensi bentrokan massa pendukung Parpol di kantor KPU saat jadwal tahapan pendaftaran Baceleg. Pertama, berkoordinasi dengan Kepolisian.

Kedua, kami juga berkoordinasi dengan Parpol melalui Liaison Officer atau LO (naradamping, Red) dan terakhir kami juga membatasi jumlah kader Parpol yang masuk kedalam gedung KPU,” terangnya.

Dia juga mengaku, untuk posisi tata letak meja pendaftaran, disusun sedemikian rupa agar tidak terjadi antrean Parpol saat mendaftarkan Bacalegnya ke KPU. Karena, apabila Parpol datang bersamaan, otomatis antreanpun terjadi

Proses penerimaan pendaftaran Bacaleg Parpol, KPU membutuhkan waktu sekitar satu jam. Oleh sebab itu, mendesain posisi meja pendaftaranpun dilakukan guna mengantisipasi antrean,” imbuh Ali.

Diketahui, KPU Kabupaten Tangerang telah menerima pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) dari tiga partai politik. Alhasil, sebanyak 15 Parpol kontestan Pemilu 2024 mendatang belum menunaikan hal serupa.

Tiga Parpol itu yakni, PKS pada tanggal 10 Mei kemarin dan hari ini adalah PDI Perjuangan serta Partai NasDem.

Dari berkas administrasi pendaftaran ketiga Parpol untuk saat ini dianggap lengkap. Karena, KPU akan melakukan verifikasi pada 15 Mei 2023, setelah jadwal tahapan pendaftaran ditutup

( Agus.s )

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *