Prajurit TNI Berhasil Gagalkan 10 Kg Sabu dari Malaysia di Sintang, Berikut Kronologis Penangkapannya👇👇

KALBAR, GLOBALPOSNEWS.COM – Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 10 Bradjamusti Kostrad mengagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 10 kilogram di perbatasan Malaysia-Indonesia di Kabupaten Sintang, Kalbar Kodam XII Tanjungpura

Upaya penyelundupan narkoba jenis sabu melalui jalur perbatasan Malaysia dengan Indonesia di Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil digagalkan.
Sebanyak 10 kilogram sabu yang digagalkan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 10 Bradjamusti Kostrad masuk ke Indonesia.

Upaya penyelundupan sabu yang dapat digagalkan ini terjadi di jalur tak resmi kawasan Dusun Sungai Enteli, Desa Neraci Jaya, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang.
Baca Juga: Puisi Menyentuh Jiwa dan Hati dari Menlu Retno Marsudi: Palestina Saudaraku

Keberhasilan prajurit TNI ini bermula saat Satgas Pamtas sebelumnya mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa akan ada upaya penyelundupan sabu.

Informasi itu kemudian ditindaklanjuti dengan melaksanakan patroli selama dua hari.

“Setelah melaksanakan patroli, pada hari ini, subuh tadi, tim patroli berhasil mengamankan seorang lelaki yang membawa ransel,” kata Kapendam XII Tanjungpura, Kolonel Inf Ade Rizal Muharram, Minggu, 5 November 2023. 

Lanjut Kapendam menerangkan, berdasarkan laporan Dansatgas Yonarmed 10/Bradjamusti, Mayor Arm Ady Kurniawan, lelaki tersebut berasal dari Bima, NTB berinisial Rd.
“Yang bersangkutan melintas melalui jalur tidak resmi. Saat diperiksa, tas ransel berisi 10 paket kristal putih dalam kemasan Teh Guanyinwang diduga sabu seberat kurang lebih 10 kilogram,” jelasnya.
Dari pemeriksaan sementara, kata Kapendam, pelaku mengaku sehari-hari bekerja sebagai buruh perkebunan sawit di Malaysia.

Karena tergiur upah yang tinggi dari bandar, dia akan nekat menyelundupkan barang haram itu ke wilayah Indonesia melalui jalur tikus.

Rencananya 10 paket sabu dalam ransel itu akan dibawa Rd ke Balai Karangan, Kabupaten Sanggau untuk diserahkan kepada seseorang yang akan menghubunginya saat sampai di lokasi.
Namun sebelum sampai tujuan, upaya jahat ini berhasil digagalkan dan diamankan oleh Satgas Pamtas. (Agus)

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *