Pj Gubernur Banten Al Muktabar Hadir Hut IBI ke 72 Tuntut Tingkatkan Kualitas Bidan

Serang, GLOBALPOSNEWS.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar hadir diacara ultah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 72 di Seketariat Provinsi Banten.
Kota Serang Sabtu (15/07/23)

dalam sambutannya Al Muktabar memaparkan“ Profesi bidan menuntut terus berada dalam lingkungan masyarakat, Saya minta para bidan terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat,” papar Al Muktabar

Al Muktabar mengatakan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sudah meluncurkan program Indonesia Emas tahun 2025 – 2045. Program tersebut dalam rangka menyambut bonus demografi Indonesia, dimana usia produktif lebih banyak dari usia tua. “Bonus demografi tersebut, harus dipersiapkan kualitas sumber daya manusia dengan baik,” kata Al Muktabar.

Al Muktabar menegaskan, bidan merupakan profesi yang berhubungan langsung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya dalam bidang kesehatan. Bidan merupakan profesi yang dapat membantu persiapan kualitas SDM sejak dalam kandungan, kelahiran hingga pengasuhan pada masa anak-anak. Untuk itu, lanjutnya, pada usia 72 tahun IBI,

dirinya meminta para bidan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.
“Peningkatan SDM untuk mencapai Indonesia unggul dalam tataran global,” tuturnya.
Al Muktabar menjelaskan, tidak sedikit negara-negara didunia yang tidak memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA). Namun, mereka memiliki kualitas SDM tinggi, sehingga memiliki kesejahteraan masyarakat yang tinggi.
“Indonesia memiliki segalanya. SDA di Indonesia melimpah. Untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, kita harus bersama-sama meningkatkan kualitas SDM,” tambahnya.

Selain itu, dalam rangka menurunkan angka stunting di Provinsi Banten, Al Muktabar meminta para bidan terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dan pola pengasuhan anak yang baik.
“Alhamdulillah, angka stunting di Provinsi Banten pada tahun lalu berhasil menurun lebih dari 4%. Para bidan diharapkan lebih meningkatkan peran pentingnya dalam penanganan stunting dengan memberikan edukasi langsung kepada masyarakat,” tambahnya.
Puncak peringatan HUT IBI ke-72 dilaksanakan secara hybrid, offline dan online oleh pengurus IBI Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten. Peserta yang terlibat sekitar 5.200 orang.
Menanggapi arahan Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Ketua IBI Provinsi Banten, Yani Purwasih mengatakan, pihaknya terus memberikan arahan kepada sekitar 10.500 anggota IBI untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. IBI selalu melakukan rapat-rapat koordinasi tentang tantangan pelayanan kesehatan. Selain itu, dalam setiap kesempatan memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat.
“Setiap anggota, selalu memberikan edukasi kesehatan dalam setiap kesempatan pertemuan dengan masyarakat,” pungkasnya. (Agus/rls)

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *